Sejarah PPGT Jemaat Tiatira Malengkeri


Persekutuan Pemuda Gereja Toraja (PPGT) merupakan tempat berkumpulnya dua atau lebih orang yang memuji Tuhan. Persekutuan ini adalah salah satu organisasi Intra Gereja (OIG), dalam bentuk pelayanan. Sejak berdirinya Gereja Toraja Jemaat Tiatira Malengkeri (JTM) melalui sidang klasis pada tanggal 3 Oktober 2012 , diputuskan bahwa
Jemaat Tiatira Malengkeri dimekarkan dari jemaat Tamalate. Secara tidak langsung seluruh OIG berdiri sendiri, termasuk PPGT. Dalam rangka pembentukan OIG di Jemaat Tiatira Malengkeri, maka BPM Jemaat Tiatira Malengkeri mengeluarkan surat permohonan pembentukan Pengurus lanjutan dari pengurus PPGT Jemaat Tamalate. Selang beberapa hari Pengurus PPGT Jemaat Tamalate (PPGT-JT) mngundang seluruh anggota PPGT-JT yang berdomisili di rayon Malangkeri, untuk melaksanakan pertemuan membicarakan kepengurusan PPGT Jemaat Tiatira Malengkeri.

Pada hari rabu, 31 Oktober 2012 pukul 19.00 WITA, dilaksanakan pertemuan dalam rangka membicarakan pembentukan pengurus baru PPGT-JTM, yang dilaksanakan di gedung Gereja Jemaat Tiatira Malengkeri. Pertemuan ini dihadiri oleh beberapa Pengurus PPGT-JT yaitu diantanya Stepan Anis selaku Ketua PPGT-JT, Esri, Sesil, Heri, Revoluance A., Herlin, Wilson Jefriyanto, dan Mesakh P.. Selain itu pertemuan ini juga dihadiri oleh Pengurus Klasis Makassar yaitu saudara Aldrianto (Ketua  PPGT Klasis Makassar) dan Arthur. Adapun perwakilan dari BPM dihadiri oleh Ibu Pdt. Diana Bonggatasik, S.Th. sedangkan anggota PPGT yang hadir saat itu saat itu diantaranya : Jesi Jesen P., Thomas T, Kartini, Fatrial D. T.,Anton Rante, Ratu Ayu, Selsin, Iney M., Meirina, Endah K., Frans K., Yeskel, Melsianto P., Winda P., Gloria P., dan Desi Sugiarti. 

Dalam pertemuan tersebut, sempat dipending beberapa menit untuk membicarakan jenis pertemuan ini yaitu apakah jenisnya Rapat Anggota atau forum lain karena BPM JTM memberikan surat untuk mengadakan pertemuan untuk membentuk pengurus PPGT lanjutan dari PPGT -JT. Dalam forum disepakati bahwa jenis pertemuan itu adalah Rapat Anggota, karena dalam forum tersebut akan diadakan pemilihan pengurus yang baru, bukan lanjutan dari PPGT-JT, berhubung karena hanya ada 5 orang saja pengurs PPGT-JT yang ada di Rayon Malengkeri yaitu : Revoluance A., Herlin T., Yadiadwan, Wilson J., dan Meskh P. Setelah disepakati bahwa pertemuan tersebut adalah Rapat Anggota, maka pertemuan tersebut ditunda lagi untuk menyiapkan draft-draft kelengkapan Rapat Anggota. Setelah beberapa menit pertemuan tersebut dibuka dan dipimpin oleh Ketua PPGT-JT yaitu Stepan Anis sebagai pimpinan sidang semntara. Adapun manual acara tidak ada begitupun juga dengan Tata tertib persidangan. Semua draft-draft diadopsi dari hasil RA PPGT-JT sebelumnya. Setelah itu dipilihlah pimpinan sidang Rapat Anggota PPGT-JTM. 

Pimpinan sidang yang terpilih yaitu ada 3 orang yaitu : saudara Stepan Anis sebagai Ketua, Jesi Jecksen sebagai Wakil Ketua I dan Wilson Jefriyanto sebagai Wakil Ketua II. Dalam forum tersebut dibahas tentang Pedoman Organisasi PPGT-JTM dalam menjalankan kepengrusan, dan disepakati semua pedoman organisasi tidak dibahas terperinci karena mengingat waktu pelaksanaan pertemuan tersebut singkat dan disepakti seluruh aturan-aturan termasuk pedoman organsisasi semua diadopsi dari PPGT-JT yang disesuaikan dengan kebutuhan PPGT-JTM, dan diakhir pembahasan Pedoman Organisasi dibicarakan tentang lamnya waktu Periode untuk kepngurusan yang baru nanatinya. Sempat terjadi perdebatan dalam pembahasan ini karena BPM hanya menugaskan OIG untuk membentuk kepengurusan sampai tahun 2013 karena melajutkan Periode kepengurusan dari PPGT Jemaat Tamalete, tetapi disisi lain aturan PPGT yaitu pada Anggaran Rumah tangga (ART) Pasal 6 point 4 tentang Pegurus Jemaat dikatakan bahwa “masa bakti pengurus Jemaat adalah 2 (dua) atau 3(tiga) tahun dan sesudahnya dapat dipilih kembali”. Dengan dasar tersebut, jika pembentukannnya ditahun 2012 maka berkhirnya kepngurusan yaitu ditahun 2014. Setelah itu diputuskanlah bahwa masa periode kepengurusan yaitu mengacu dengan aturan PPGT yaitu Perode 2012-2014. 

Setelah agenda pembahasan Pedoman Organisasi PPGT-JTM telah selesai, akhirnya tibalah dalam pemilihan calon Ketua, Sekretaris, dan Bendahara (KSB), PPG-JTM. Periode 2012-2014. Dalam forum tersebut terpilihlah bakal calon Ketua Umum yang dipilih oleh peserta forum diantaranya : Revoluance, Endah K, Jesi Jecksen, Herlin T, Thomas T., Wilson J., Fatrial T., Mesakh P., dan Kartini. Sebelum ditetapkan sebagai calon Ketua, para bakal calon dipertanyakan kesiapannya menjadi ketua, hampir semua bakal calon menyatakan ketidaksiapan menjadi Ketua PPGT JTM dengan alasan kesibukan, belum siap, tidak memenuhi kriteria dan lain-lain. Sehingga dengan perkenaan Tuhan akhirnya Saudari Revoluance A., menyatakan kesiapannya menjadi Ketua Umum PPGT-JTM. sehingga hanya satu yang menjadi calon ketua dan secara otomatis ditetapkan sebagai Ketua Umum PPGT-JTM Periode 2012-2014.

Setelah dilakukan pemilihan Ketua dilanjutkan dengan pemilihan Skretaris PPGT JTM. seperti halnya pemilihan Ketua bakal calon dipilih oleh para peserta forum, melalui surat suara yag dibagikan, dan terpilih bakal calon sekretaris yaitu : Herlin., Wilson J., Endah K., Mesakh P., dalam pembahasan tersebut kembali lagi bakal calon skretaris ditanyakan kesiapannya, dan hampir semua menyatakan ketidaksiapan menjadi skretaris dengan alasan yang sama dengan seblumnya. Akhirnya dengan perkenaan Tuhan Saudari Herlin T., menyatakan kesediaanya menjadi skretaris PPGT, dan menjadi satu-satunya calon sekretaris dan ditetapkan menjadi sekretaris PPGT-JTM Periode 2012-2014. 

Disela-sela waktu pemilihan KSB, listrik padam dan membuat ruangan menjadi gelap. Hal ini membuat suasana menjadi hening dan membuat teman-teman yang bertugas dalam pemungutan suara menjadi terganggu karena terbatasnya penglihatan. Namun dengan peralatan penerangan seadanya pemilihan ini dilanjutkan. Terakhir yaitu pemilihan Bendahara, dimana mekanismenya juga sama dengan sebelumnya. Adupun yang menjadi bakal calon pada saat itu adalah : Fatrial T., Endah K., Meirina, dan Ratu Ayu. Setalah bakal calon ditanyakan kesediaanya menjadi calon bendahara, maka ada dua bakal calon yang menyatakan kesidiannya yaitu saudari Endah K, dan Fatrial D. T., kemudian ditetapkan sebagai calon bendahara PPGT-JTM. karena calon bendahara ada dua maka diberikan kesempatan kepada peserta forum untuk memilih Bendahara PPGT-JTM. setelah dilakukan pemungutan suara maka yang mendapat suara terbanyak yaitu saudari Fatrial D. T., dan ditetapkan sebagai Bendahara PPGT-JTM Periode 2012-2014. Kemudian semua hasil forum tersebut ditetapkan dalam bentuk konsideran. 

Sebelum forum itu ditutup, maka ditentukan badan formatur untuk menyusun hasil-hasil RA, dan membentuk kepengurusan lengkap PPGT-JTM Periode 2012-2014. Adapun yang menjadi badan formatur yaitu KSB terpilih : Revoluance P., Herlin T., Fatrial D.T, kemudian dari pimpinan sidang yaitu : Stepan Anis, Jesi Jecksen P., dan Wilson Jefriyanto. Tepat hampir jam 12 malam sidang Rapat Anggota PPGT-JTM ditutup oleh pimpinan siding dan setelah itu ditutup dengan doa. Terbentuknya PPGT Jemaat Tiatira Malengkeri (PPGT-JTM) terjadi polimik tentang periode kepengurusan atau lamanya kepengurusan dan status kepengurusan itu sendiri. Namun yang perlu diingat yaitu terbentuknya PPGT JTM yaitu sejak ditetapkannya Pedoman Organisasi dan Ketua , Sekretaris , dan bendahara PPGT-JTM yaitu tanggal 31 Oktober 2012.

 Sumber : Peserta Pertemuan I PPGT-JTM (w.j)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mars PPGT

AD/ART PPGT